Sabtu, 25 Januari 2014

Mendidik Anak Secara Islami

1.      Anak akan mencontoh orang tua , jadi, sebelum mendidik anak , anda harus member contoh dan sengaja memperlihatkan hal itu pada anak. Missal , shalat lah di depan si anak agar ia familiar dengan ibadah tersebut.
2.      Hendaknya mendidik anak dimulai dari usia dini. Sejak kecil, biasakan si anak untuk mendengar beberapa doa mudah. Saat ia sudah mulai bisa bicara , ajarkan kalimat-kalimat doa padanya.misalnya doa makan , doa sebelum tidur .
3.      Bila dirasa masih sulit untuk dicontohkan anak karena ia masih sulit menghafal , ajarkan saja kata mudah seperti “bismillah”
4.      Selalu ingatkan anak anda untuk selalu berdoa pada setiap kegiatannya(tidur , makan , keluar rumah, dll). Bila belum hafal doa, ingatkan anak anda mengucapkan “bismillah” untuk memulai sesuatu dan diakhiri dengan “Alhamdulillah”.
5.      Selalu ajaklah anak anda dalam beribadah, misalnya shalat. Walau ia mungkin akan selalu bermain-main, si anak akan terbiasa untuk diajak beribadah, hal ini punya pengaruh besar untuk kehidupannya nanti.
6.      Mendidik anak secara islami tidak hanya dalam hal ibadah agama, tapi juga ajarkan kesopanan atau etika tertentu yang sesuai dengan islami pada seorang anak. Misalnya,  makan dengan tangan kanan , biasakan tidur miring ke kanan dan tidak terlungkup, tidak memakai pakaian yang pendek/mini, dll.
7.      Ceritakan tentang took-tokoh dalam islam agar si anak mencontohnya. Missal, para nabi saat memperjuangkan agama islam, atau tokoh-tokoh terkenal lainnya. Ceritakan tentang kehebatan dan segala sifat baik mereka, dengan begitu si anak akan tertarik untuk minirunya.
8.      Cara mendidik anak secara islami juga bisa dilakukan dengan cara memberikan iming-imging dan juga menakuti-nakuti. Anda bisa menceritakan tentang keindahan surge dan juga kengerian neraka.

9.      Dengan begitu si anak akan terpacu berbuat baik dan meninggalkan hal-hal yang buruk .

0 komentar:

Posting Komentar