Minggu, 24 Maret 2013

Penting ndak sih Jalan – Jalan itu ??


Saat membaca postingan guru saya saya terinspirasi untuk menulis sebuah tulisan tentang pentingnya jalan jalan. Saat ini saya kuliah di Banda Aceh dan disini ada banyak sekali tempat wisata yang akan membuat mata ini terkagum dan terpana ketika melihat keindahan alam Aceh sehingga saya sering jalan – jalan bahkan di juluki Tukang Jalan- Jalan. Jalan – jalan itu saya katakan itu sangat penting sekali, boleh itu jalan jalan seputar Aceh, indonesia atau go internasional. Kalau saya punya mimpi untuk ke Prancis dan Semarang mungkin sobat  punya mimpi ke Jepang atau ke Spanyol. Tak ada yang bisa melarang kita untuk bermimpi.

“ Untuk apa sih jalan jalan itu toh Cuma buang buang duit saja “ ?
“ Semakin jauh kaki melangkah dan semakin banyak mata memandang maka semakin banyak dan ide dan ilmu yang akan kita dapatkan dari jalan – jalan itu” . Saya selalu mengajak orang terdekat saya ketika saya akan melakukan jalan – jalan kemana pun itu . supaya saya bisa merasakan pengalaman berharga itu bersama sama .
Ada banyak manfaat yang kita dapatkan ketika kita Travelling antara lain :

Mendapatkan banyak pengalaman


Ada banyak sekali pengalaman yang kita dapatkan ketika perjalanan, apalagi ketika kita melakukan perjalanan luar negeri. Kita akan mengerti bagaimana cara menggunakan fasilitas tempat tujuan perjalanan kita, kita akan banyak tau bagaimana kehidupan di negeri orang. Ada istilah “  jangan menjadi katak dalam tempurung “ ini jangan sampai terjadi pada diri kita. Ketika itu terjadi dengan kita maka wawasan dan pengalaman juga sebatas tempurung tersebut.

Dapat banyak teman


Saya ingat kata dosen idola saya sewaktu kuliah MK Ilmu Alamiah Dasar.
Ia katakan bahwa salah satu ciri orang sukses itu adalah orang yang di handphone ada banyak sekali kontak dan itu menandakan bahwa ia punya banyak teman dan link atau koneksi ke depan. Saya punya teman di negeri Malaysia yang tak pernah berjumpa sekalipun dan kami terus berkomunikasi. Anda tau apa yang saya dapatkan ?

Saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan pemahaman budaya dari dia serta hadiah yang khusus ia kirimkan buat saya di Aceh. Bahkan beberapa hari lalu ia bilang “ Rahmad besok besok pergi ke Malaysia lagi ya cukup untuk pergi saja tangung biaya selebihnya jangan takut bahkan ia terus ingin memberi saya hadiah ketika saya ulang tahun.
saya merasa beliau sudah seperti keluarga saya.

Intinya ketika kita banyak teman maka akan banyak rezeki yang datang buat kita

Kecipratan ilmu yang luar biasa


Saat saya mendapatkan ilmu dari perjalanan saya  maka berkata dalam hati “ tak rugi saya menabung kalau ini yang saya dapatkan “. Ada banyak sekali ilmu yang tak kita dapatkan di kampung halaman kita. Kalau kita sampai ke negeri orang maka ilmu yang akan kita dapatkan akan lebih banyak lagi. Ilmu yang akan kita dapatkan antara lain adalah ilmu kejujuran,disiplin,menghargai waktu dll itu semua akan kita rasakan sekali.

Bahan Renungan


Saat saya jalan jalan ke Banda Aceh beberapa tahun yang lalu, saya merasa ternyata kampung ku tidak ada apa apanya dibandingkan dengan kota ini. Ketika saya pergi ke padang ternyata begitu juga dan saya berpikir bahwa kampung halaman ku sangat jauh ketinggalan dan aku sendiri merasa minder karena merasa menjadi wong ndeso sing kerjane dolan ae. Apalagi kalau kita pergi ke negara maju maka negara kita sangat jauh ketinggalan sekali. Kita bisa meniru negeri mereka untuk membangun kampung halaman tercinta.

Cross Culture Understanding


Disinalah akan banyak hal menarik yang akan kita alami. Kita akan mengerti sekali budaya mereka ketika kita sudah menjadi bagian dari mereka. Kita akan tau bahwa di Malaysia itu suara klakson mobil itu menjadi hal yang sangat jarang sekali terjadi. Pengalaman yang saya rasa aneh adalah ketika berada di singapura dan saat itu saya menyebrangi jalan bersama teman saya, ternyata ada mobil sedan mewah yang mau menabrak saya dan saya jadi malu sekali. Tetapi si pemilik mobil mewah itu hanya tersenyum dan kembali melanjutkan perjalanannya.

Empat hari kemudian ketika saya sampai di medan dan saya harus ke ATM dengan mengendarai motor shogun teman saya yang sudah lama tak dipakai. Saat itu tiba tiba kereta batuk dan hampir berhenti di jalan dan betapa terkejutnya saya ketika kendaraan di belakang saya berkata dari belakang “ Oy Bodoh serta sambil menyebut nama binatang haram ” seperti itu lah kira kira karena saya tak ingat sekali kata mereka.
“ Man kalau kayak gini man ndak betah aku tinggal di medan ini man baru kayak gini udah dimaki gimana kalau sampai kita menabrak orang bisa mati kita dipukul “ kata ku
“ itu mah udah biasa disini jadi ndak usah di dengar “ ujar nya
“ Kalau begini mendingan aku bawa mobil di negeri orang saja ketimbang di medan ini beh “ pikir ku dalam hati sambil heran
Itu baru dari budaya di jalan raya belum lagi dalam kehidupan sehari hari dan kita akan terpuaskan dengan pemahaman yang kita dapatkan.

Proses perubahan


Kita akan merasa aneh ketika melihat kehidupan disana. Semua proses perubahan terus berjalan dan itu juga terjadi dalam pribadi kita. Sebuah perjalan juga berarti sebuah proses pendidikan dan itu sangat luas sekali ilmu yang akan di dapat. Jadi semakin mengerti betapa penting bahasa asing di zaman sekarang.

Menenangin Pikiran

mungkin ada banyak sekali problem yang terus menerus kita hadapi sehingga kita membutuhkan penyegaran untuk melewati semua itu. ada banyak cara yang kita lakukan untuk menghilangak penatnya aktivitas yang kita telah jalani seperti mandi mandi di sebuah air terjun atau berkunjung ke kampung halaman teman seperti anak tapaktuan bemain ke lhokseumawe dll.

Ayo terus melangkah seperti kata Ariel Noah . Sisihkan sedikit demi sedikit jajan kita untuk sebuah program perjalanan ke tempat anda suka, boleh itu pulau Lombok, Sabang, Semarang, atau ke kota model Paris, Jepang dan kemanapun anda suka. Saya yakin kamu akan terus melangkah semakin jauh kawan ku dengan semangat yang kau punya.

Semua akan terasa segar dan kita akan bawa pulang oleh oleh ilmu yang banyak setelah jalan jalan .
Bagi yang sudah sering berjalan jalan jauh ayo teruskan perjalanan yang lebih jauh dan bagi yang sering jalan - jalan sore mari jalan jalan sore di kampung atau negeri orang.

“Buka kopermu..isi dengan baju..banyak destinasi yang bisa kau tuju..” (Pandji Pragiwaksono)

0 komentar:

Posting Komentar