Jumat, 18 Januari 2013

tak usah bimbang



Bagi para mahasiswa yang belum bisa mengoptimalkan nilai akademisnya, ada beberapa tips yang mugkin dapat digunakan, yaitu :

• Membuat skala utama dari segala aktivitas yang akan dikerjakan pada hari-hari yang akan di jalani, karena kefektifan dalam aktivitas dapat membuka pikiran kita bahwa ternyata kita mempunyai waktu luang yang dapat digunakan seefisien mungkin untuk mengulang ulang pelajaran, misalnya di atas bus, atau pada jam jam kosong ketika kuliah.

• Pahami tentang metode belajar kita, karena tiap orang mempunyai metode belajar yang berbeda dan kapasitas yang berbeda dalam menyerap pelajaran. Kenali waktu-waktu yang pas bagi kita masing-masing untuk belajar. Apakah malam hari sebelum tidur , ataukan ketika subuh atau pada waktu waktu lainnya. Yang penting dalam keadaan sehat walafiat.

• Mulailah membuat targetan-targetan nilai yang akan kita capai pada semester ini, karena hal tersebut dapat memotivasi kita untuk mencapai nilai yang sesuai dengan target. Jangan memasang target yang rendah karena akan membuat semangat kita menjadi kendor di makan waktu. Sebaliknya target juga harus nyata sesuai dengan kemampuan kita dan keinginan kita.

• Kenalilah karakter dosen karena tiap dosen mempunyai karakter yang berbeda. Ada yang tidak perduli dengan kehadiran mahasiswa, adajuga yang memberikan penilaian gagal karena absensi tidak sesuai dengan target. Ada yang cuek dengan tugas dan latihan, ada juga yang begitu seringnya memberikan tugas dan latihan kepada mahasiswa, dan hati-hati juga terhadap dosen berbulu ayam berhati buaya.

• Jangan pernah melakukan praktek titip absent, karena hal ini bisa mengotori usaha kita dalam mendapatkan ilmu. Sesuatu yang baik jika disampaikan dengan cara yang tidak baik, tidak akan dapat memberikan berkah.

Yang paling penting adalah kemampuan kita untuk menghendel waktu. Allah memberikan waktu yang sama baik kepada seorang pengemis ataupun kepada seorang presiden, maka dituntut kecekapan dari tiap mahasiswa untuk pandai-pandai dalam membagi waktu.


0 komentar:

Posting Komentar