Senin, 03 Desember 2012

6 Cara Agar Kiriman Menjadi Lebih Hemat Energy Dan Bermanfaat


Banda aceh, kiriman saudara selalu habis di pertengahan bulan atau pun habis ketika akhir bulan melanda? Berarti ada yang salah dengan pengelolaan uang Saudara setiap bulannya. Mungkin Saudara kerap merasa, orang tua mengirimkan uang kepada Saudara yang saya yakini memiliki kiriman yang cukup dan yang pastinya itu pun berlebih jika Saudara pandai mengelolanya. Jika Saudara menganggab kiriman Saudara tidak cukup maka saran saya lebih Saudara menjadi pecundang saja.

Sebenarnya kiriman Saudara sudah lebih dari cukup, hanya saja Anda lebih banyak menggunakan kiriman Saudara itu untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Seperti rokok, make up yang berlebihan, suka jajan terlalu banyak dan yang pastinya suka menganggap sepele terhadap rupiah, jangan salah Saudara  “Rupiah menyebabkan kantong anda menjadi berisi dan kosong”. Sebelum kebiasaan buruk Saudara ini jadi bencana keuangan. Dengar beberapa solusi agar Saudara bisa menyimpan gaji bulanan, seperti yang saya pikirkan ini.

Selain dari pengalaman saya sendiri, saya juga mengambil kesimpulan dari para senior-senior yang pernah saya Tanya, tentang cara mengolah uang menjadi rupiah yang lebih berguna bagi nusa dan bangsa, hehehe.

1. Sisihkan kiriman Saudara
Sisihkan sepertiga atau seperempat kiriman setelah Saudara menerima kiriman, lalu simpan di rekening bank yang khusus untuk menabung yang Saudara pergunakkan untuk menyimpan rupiah masa depan. Usahakan jangan pernah memakai uang yang berada di bank tersebut. Agar tidak tergoda untuk melakukan penarikan uang, jangan membuat fasilitas kartu ATM pada akun bank tersebut. NA KAH LENGOE ?

2. Buat Prioritas Saudara sendiri
Membuat prioritas dalam pengeluaran rupiah. Dahulukan membayar tagihan-tagihan yang perlu diselesaikan dengan rupiah. sebelum membelanjakan uang untuk kepuasan semata Saudara. Saudara harus menyisihkan uang di awal untuk membayar tagihan-tagihan tersebut. Nyan jeih .

3. Tidak usah berbelanja  sekeligus.
Saat menerima kiriman, jangan membelanjakan rupiah Saudara secara sekaligus.karena dapat menyebabkan serangan jantung dan impotensi. Rencanakan lah atau atur strategi yang indah disetiap bulannya agar saudara terhindar dari kegalauan, pikirkan seberapa banyak Saudara akan mengeluarkan rupiah untuk belanja dan taatlah pada rencana tersebut. Jangan setengah-setengah menjalani strategi itu. Nyan lom.

4. Jadi lah orang yang bijak dalam mengatur rupiah
Jangan mengeluarkan rupiah berdasarkan keinginan dan kemaun Saudara saja, tapi keluarkanlah rupiah berdasarkan kebutuhan serta keperluan yang penting-penting saja. Saat Saudara berpikir membutuhkan tas baru, maka bepikirlah layaknya seperti plato dan aristoteles. Pikirkalah dua kali kalau perlu pikirkanlah berkali-kali sampai Saudara mengerti, apakah tas lama Saudara benar-benar tidak bisa dipakai sampai harus membeli yang baru? Jika tidak, kemungkinan masih ada beberapa tas di dalam lemari Saudara, sebaiknya alokasikan untuk keperluan lain yang lebih penting, atau ditabung. Nyan keu.

5. keluarkanlah rupiah sesuai dengan kemampuan Saudara.
Berbelanjalah sesuai uang yang Saudara punya bulan ini, bukan berdasarkan seberapa rupiah atau bonus yang Saudara dapatkan diluar nalar saudara, dan saya yakin jika  Saudara pintar dalam hal rupiah aka nada kepuasan tertentu yang akan Saudara dapattkan. Ingat, jangan mengeluarkan rupiah untuk keperluan tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang ekstra setelahnya. Teupeu kah.

6. Investasi
Investasikan kiriman Saudara dengan mengikuti berbagai macam program yang bermanfaat dan kalau bisa, dapat menggandakan rupiah saudara. Seperti program julo-julo dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar